Jangan Makan dan Minum Sambil Berdiri

Posted on
  • Minggu, 24 April 2016
  • by
  • Unknown
  • in
  • Label:

  • Jangan Makan dan Minum Sambil Berdiri
    Sudahkah kita mencontoh perilaku Rasulullah dalam hal makan dan minum?. Beliau mengajarkan agar kita makan dan minum dalam keadaan duduk. Tapi tidak jarang kita jumpai banyak yang makan dan minum sambil berdiri, sebenarnya kenapa Rasulullah SAW menganjurkan untuk makan dan minum sambil duduk?.

    “Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW melarang seseorang untuk minum berdiri”. Qatadah (seorang tabi’in) berkata, “Kami bertanya kepada Anas, ‘Bagaimana dengan makan sambil berdiri?’ Anas menjawab, ‘Yang demikian itu lebih jelek dan lebih buruk’" (HR. Muslim).

    “Janganlah di antara kalian minum sambil berdiri, bila terjadi maka muntahkanlah airnya” (HR. Muslim).

    Setiap yang diperintahkan Rasulullah pasti mengandung manfaat, begitu juga sebaliknya setiap yang beliau larang pasti mengandung mudharat. Seperti halnya makan dan minum, beliau menganjurkan untuk makan dan minum dalam keadaan duduk.

    Ketika kita minum sambil duduk maka air yang masuk ke dalam tubuh kita akan disaring terlebih dahulu oleh sfringerSfringer merupakan suatu struktur maskuler yang bisa membuka dan menutup sehingga air kemih bisa melewatinya. Air yang kita minum diteruskan kepada penyaringan di ginjal. Ketika kita minum sambil berdiri maka air yang kita minum tersebut akan langsung menuju ke kandung kemih tanpa adanya proses penyaringan terlebih dahulu, sehingga dapat mengakibatkan pengendapan di sepanjang perjalanan air (ureter). Karena banyaknya limbah yang tersisa di ureter tersebut maka akan munculah berbagai macam penyakit salah satu penyakit tersebut yaitu kristal ginjal.

    Ketika kita makan dan minum sambil duduk maka makanan dan minuman tersebut akan masuk ke dalam tubuh kita melalui dinding usus dengan berjalan perlahan-lahan dan lambat. Tetapi jikalau kita makan dan minum sambil berdiri maka makanan dan minuman tersebut akan langsung masuk ke dalam usus yang berjatuhan dengan keras. Sehingga apabila hal itu terjadi berulang-ulang dalam waktu yang cukup lama maka akan menyebabkan usus menjadi melar yang kemudian menyebabkan disfungsi pada saluran pencernaa kita.

    Tentu kita tidak menginginkan bukan terjadi gangguan pada sistem pencernaan kita. Jikalau kita tidak ingin ada gangguan dalam pencernaan hendaknya kita makan dan minum dengan keadaan duduk. Selain akan mencegah terjadinya berbagai macam penyakit yang terpenting adalah itu merupakan sunah Rasullulah.

    Dengan kita makan atau minum sambil duduk maka kita telah mencontoh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, Semoga dengan mencontoh perilaku beliau kita digolongkan ke dalam umatnya yang kelak mendapatkan syafaat dari beliau, aamiin.

    Artikel Terkait

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
     
    Copyright (c) 2016 REVOLUSI AKIDAH