Keutamaan Bulan Sya'ban Untuk Berpuasa Sunah

Posted on
  • Senin, 16 Mei 2016
  • by
  • Unknown
  • in
  • Label: ,

  • Keutamaan Bulan Sya'ban
    "Bulan yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW untuk berpuasa sunnah adalah bulan Sya'ban. Kemudian beliau menyambungnya dengan puasa Ramadhan" (HR. Abu Daud).

    Bulan Sya'ban merupakan bulan yang disukai oleh Rasulullah SAW untuk melakukan puasa sunnah. Dalam bulan ini Rasulullah Sallallahu Alaihi Wa sallam memperbanyak puasanya bahkan beliau hampir berpuasa satu bulan penuh kecuali satu dua hari di akhir bulan saja, agar tidak mendahului Ramadhan dengan satu ada dua hari puasa sunnah.

    Berikut dalil-dalil syar'i yang menjelaskan hal tersebut.
    Dari Aisyah ra berkata "aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali puasa bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa sunnah melebihi (puasa sunah) di bulan Sya'ban" (HR. Bukhari).

    Dalam hadits lain juga diriwayatkan dari Aisyah ra disebutkan "Aku tidak pernah melihat beliau SAW lebih banyak berpuasa sunnah daripada bulan Sya'ban. Beliau berpuasa di bulan Sya'ban seluruh harinya yaitu beliau berpuasa satu bulan Sya'ban kecuali sedikit (beberapa) hari" (HR. Muslim).

    Para ulama klasik menjelaskan kedudukan puasa sunah di bulan Sya'ban dari puasa wajib di bulan Ramadhan adalah seperti kedudukan shalat sunnah qabliyah bagi salat wajib 5 (lima) waktu.

    Dalam sebuah hadist dari Usamah bin Zaid ra ia berkata,
    "Wahai Rasulullah SAW, Kenapa aku tidak pernah melihat engkau berpuasa sunnah dalam satu bulan tertentu yang lebih banyak dari bulan Sya'ban?, beliau SAW menjawab "ia adalah bulan di saat manusia banyak yang lalai (dari beramal saleh) antara rajab dan ramadhan. Ia adalah bulan di saat amal-amal dibawa naik kepada Allah Rabb semesta alam, maka aku senang apabila amal-amalku diangkat kepada Allah saat aku mengerjakan puasa sunah"" (HR. Tirmidzi).

    Bulan Sya'ban adalah bulan latihan pembinaan dan persiapan diri agar menjadi orang yang sukses beramal saleh di bulan Ramadhan. Di bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan saleh seperti membaca Al-Quran, berdzikir, beristifar, salat malam, salat duha, sedekah, bershalawat dan lain sebagainya. Untuk mampu mengerjakan hal itu semua dengan ringan dan istiqamah kita perlu banyak melatih diri, disinilah di bulan Sya'ban kita memposisikan diri sebagai pelatihan untuk kita untuk membiasakan diri beramal saleh secara Istiqamah. Dengan latihan tersebut, di bulan Ramadhan kita akan terbiasa dan merasa ringan untuk mengerjakannya. Dengan demikian tertanam iman dan amal saleh akan membuahkan taqwa yang sebenarnya.

    Semoga Allah memanjangkan umur kita untuk sampai ke bulan suci Ramadhan, aamiin.

    Artikel Terkait

    Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :
     
    Copyright (c) 2016 REVOLUSI AKIDAH